PROFIL

Tentang Nurul Fikri

 PROFILE SINGKAT NURUL FIKRI

Assalamu’alaikum wr.wb.

Segala puji bagi Allah SWT, Tuhan semesta alam. Shalawat dan salam senantiasa terlimpah atas diri Rasululloh Muhammad SAW, keluarganya, para sahabatnya dan segenap umatnya yang istiqomah sampai akhir jaman.

Salam sejahtera kami sampaikan, semoga ampunan dan curahan rahmat-Nya senantiasa dikaruniakan kepada kita sekalian.

Di tengah pesatnya kemajuan teknologi, kebutuhan akan manusia-manusia cerdas, terampil dan mandiri, tidak dapat tidak harus terpenuhi. Hal ini merupakan konsekuensi logis dari sebuah perubahan ke arah kemajuan. ”Iklim” yang nyaris sama di seluruh belahan dunia akibat globalisai informasi mengakibatkan kebutuhan akan manusia-manusia unggul semakin mendesak. Namun, manusia yang semata-mata cerdas terampil dan mandiri saja tidak menjamin akan dapat memberikan kontribusi yang positif dalam kehidupan. Tanpa pembekalan iman dan takwa kepada Alloh SWT, manusia-manusia yang menguasai IPTEK tersebut justru akan mengarahkan peradaban umat manusia ke lembah kehancuran.

Manusia yang cerdas, terampil dan mandiri sekaligus beriman dan bertakwa tidak muncul dengan sendirinya. Kehadirannya harus direkayasa dengan sengaja. Untuk itu, upaya-upaya yang tepat dan berkesinambungan mutlak dilakukan.

Bertolak dari pemikiran itu, Nurul Fikri berupaya berkiprah membangun sejumlah institusi pendidikan yang diharapkan mampu menjawab kebutuhan ummat dalam menyongsong masa depan yang gemilang sehingga predikat Khairu Ummah (ummat terbaik) dan Rahmatan lil ’Alamin (Rahmat bagi semesta alam) dapat diraih.
Wassalamu’alaikum wr.wb.

CIRI KHAS BKB NURUL FIKRI

A. Konsep Dasar
BKB Nurul Fikri bukan sekedar bimbingan tes yang mengajarkan berbagai trik mengerjakan soal dengan cepat dan mudah kepada para siswanya. BKB Nurul Fikri berupaya memberikan pemahaman konsep dasar yang tepat dan lengkap, dengan mengembangkan suatu metoda praktis yang mencoba mentranformasikan penguasaan konsep pelajaran ke dalam perilaku siswa agar mampu menyelesaikan soal-soal secara sistematis dengan hasil akhir :
a). Memahami dari mana harus menyelesaikan soal.
b). Berinisiatif.
c). Menyenangi soal.
d). Mampu dan mengetahui kapan menggunakan rumus-rumus umum dan kapan pula menggunakan rumus praktis.
e). Melekat, sehingga mendukung proses belajar pada jenjang yang lebih tinggi.

Karena konsepnya adalah pembentukan perilaku, maka hasil yang optimal ditentukan oleh faktor waktu lamanya berinteraksi. Dengan demikian semakin dini bergabung BKB Nurul Fikri diharapkan hasilnya akan semakin baik.

B. Pembinaan Kepribadian Muslim
BKB Nurul Fikri tidak puas sekedar memberikan bekal intelektual kepada para siswanya. BKB Nurul Fikri berusaha melakukan pembinaan kepribadian muslim yang ditekankan pada pembentukan akhlaqul karimah. Materi-materi terkait diberikan kepada para siswa pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Topik-topik bimbingan diantaranya :
a). Mengenal Allah
b). Mengenal Rasul
c). Mengenal Islam
d). Mengenal hakekat diri.
e). Mengenal hakekat kehidupan.
f). Akhlak terhadap orang tua.
g). Akhlak terhadap guru.
h). Dinamika kelompok.
i). Kreativitas
j). Gaya belajar.
k). Alternatif pendidikan setelah SLTP
l). Alternatif pendidikan setelah SLTA
m). Informasi Nilai Nasional dan Matriks Bantu Pemilihan Jurusan (MBPJ)
n). Informasi jurusan-jurusan di Perguruan Tinggi
o). Bimbingan dan konseling lainnya.

Topik-topik bimbingan tersebut disampaikan dalam kegiatan tatap muka di kelas melalui sesi Bimbingan dan Informasi Pendidikan (BIP) yang dikelola oleh sejumlah sarjana Psikologi dan didukung oleh tenaga pengajar dari berbagai disiplin ilmu yang lain. Selain itu, BKB Nurul Fikri juga berupaya untuk menciptakan suasana Islami selama berlangsungnya proses belajar mengajar.

C. Biaya yang Terjangkau
BKB Nurul Fikri dikelola berdasarkan motivasi amal Islami, bukan bisnis semata, sehingga sama sekali tidak ada pretensi untuk memberatkan para siswa dengan menuntut biaya yang tinggi. Biaya yang dikenakan oleh BKB Nurul Fikri Insya Alloh reasonable dan terjangkau oleh masyarakat dari berbagai tingkat ekonomi, karena kami memang berharap bahwa pelayanan yang disediakan BKB Nurul Fikri dapat dinikmati oleh kalangan seluas mungkin.

D. Pengolahan Nilai Try Out SNMPTN
Dalam setiap Try Out SNMPTN yang dilakukan di BKB Nurul Fikri, baik pada program reguler maupun program intensif, nilai peserta akan diolah dengan menggunakan sistem penghitungan Nilai Nasional seperti di SNMPTN asli. Hasil penghitungan Nilai Nasional tersebut nantinya dapat dipergunakan siswa untuk memilih jurusan yang sesuai dengan nilai yang mereka peroleh melalui MBPJ (Matriks Bantu Pemilihan Jurusan) yang merupakan paduan praktis bagi siswa untuk memilih jurusan yang sesuai dengan kemampuan mereka.

E. Kemitraan yang Harmonis dengan Sekolah
Kami sadar, keberhasilan para siswa dalam menempuh UAN (Ujian Akhir Nasional), SNMPTN, USM dan lain-lain, bukanlah berkat keberadaan kami semata. Para guru di sekolah mendidik para siswa 6 hari sepekan, setiap hari lebih dari 6 jam. Sementara para siswa tersebut bersama BKB Nurul Fikri hanya 2 hari sepekan, setiap harinya 3 jam. Maka hubungan yang harmonis antara BKB Nurul Fikri dengan sekolah merupakan salah satu kunci keberhasilan pendidikan para siswa.

SISTEM EVALUASI DAN PELAPORAN

1. TES FORMATIF (TF) dan TES HARIAN (TH)
Yaitu sajian tes yang harus dikerjakan oleh siswa untuk mengukur daya serap siswa terhadap materi yang telah disampaikan pada setiap pertemuan.

2. KUIS
Yaitu tes yang diadakan untuk mengukur daya serap siswa terhadap sejumlah pokok bahasan yang telah disampaikan.

3. TES EVALUASI (TE) dan TRY OUT (TO)
Yaitu ramuan tes yang mengandung sejumlah pelajaran yang akan diujikan pada tes-tes yang diselenggarakan oleh sekolah. Tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa sekaligus membantu siswa dalam menghadapi tes-tes di sekolah maupun SPMB.

4. PROBLEM SET
Yaitu kumpulan soal yang telah dibukukan yang harus dikerjakan di rumah oleh para siswa dan dilaporkan hasilnya ke BKB Nurul Fikri. Pemberian PS ini dimaksudkan agar siswa terbiasa belajar rutin dan ulet.

5. RAPOR STANDAR
Selama belajar di BKB Nurul Fikri, siswa akan mendpatkan nilai dari tes-tes yang diberikan, hasilnya lalu dirangking dengan siswa BKB Nurul Fikri seluruh cabang / secara nasional. Selanjuatnya, agar lebih mudah melakukan kontrol, nilai tersebut dilaporkan secara rutin dalam bentuk RAPOR STANDAR. Rapor ini dibuat menyerupai rapor di sekolah. Bedanya, nilai siswa tidak dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas melainkan dibandingkan dengan nilai standar yang ditetapkan BKB Nurul Fikri. Dengan demikian kemajuan belajar siswa selama di BKB Nurul Fikri dapat dicermati dari tes ke tes, dan dari semester ke semester.

6. PERANGKAT KOREKSI
Untuk dapat menilai hasil-hasil tes yang diikuti oleh siswa, maka tes tersebut selanjutnya diolah dengan dukungan Mesin OpScan, sistem komputerisasi dan Software pendidikan mutakhir.

KERJASAMA

Dalam rangka menjalin silaturahmi dengan lembaga-lembaga lain, BKB Nurul Fikri telah menjalin hubungan baik dengan beberapa sekolah / lembaga, baik swasta maupun negeri dalam berbagai hal seperti : Layanan Presentasi Informasi Pendidikan (LPIP) ke sekolah-sekolah, kerja sama kemitraan Bimbingan Belajar dengan sejumlah sekolah, mensponsori berbagai kegiatan pendidikan dan ilmiah yang diselenggarakan oleh sekolah-sekolah dan perguruan tinggi, dan lain-lain.

KHATIMAH

Demikianlah sekelumit gambaran yang dapat kami berikan tentang keberadaan Bimbingan dan Konsultasi Belajar Nurul Fikri. Apa yang kami lakukan masih sangat jauh dari harapan dan tuntutan umat apalagi kesempurnaan. Karena itu, dukungan anda sangat berharga bagi kami demi terciptanya sebuah institusi pendidikan yang dapat menghasilkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas yang mampu menjawab segala tantangan jaman.
Semoga Alloh SWT meridhoi langkah-langkah yang telah kita lakukan dan mencatatnya sebagai amal yang akan menghantarkan kita kepada rahmat dan maghfirah-Nya. Amiin.

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More